10 Cara Terbaik Untuk Melindungi Diri Anda Dari Virus Komputer

Karena semakin banyak orang terbiasa menggunakan komputer di sekolah, di rumah atau di kantor, menghadapi virus komputer adalah masalah waktu. Berikut adalah 10 langkah teratas kami untuk melindungi diri Anda dari virus komputer.

Gunakan program antivirus berkualitas tinggi. Ada banyak program komputer antivirus yang berbeda di pasaran, beberapa di antaranya lebih baik daripada yang lain. Periksa ulasan dari majalah komputer atau situs web terkemuka untuk membantu Anda menemukan yang memenuhi kebutuhan Anda.

Selalu gunakan perangkat lunak antivirus Anda. Pastikan perangkat lunak antivirus Anda selalu diaktifkan untuk memindai, menerima, dan mengirim email dan program perangkat lunak apa pun yang Anda jalankan.

Selalu perbarui program antivirus Anda. Sebagian besar paket datang dengan langganan tahunan untuk memastikan Anda dapat menggunakan pembaruan. Program yang lebih canggih memungkinkan Anda menjadwalkan pembaruan atau pemindaian sistem lengkap selama “waktu henti” (hingga pukul 2 pagi) saat Anda tidak mungkin menggunakan komputer.

Tetap perbarui komputer Anda. Sistem operasi terkadang menjadi korban lubang keamanan atau pembaruan yang bermasalah. Periksa secara teratur untuk memastikan Anda menjalankan perangkat lunak versi stabil terbaru.

Cadangkan data Anda secara teratur. Sebagian besar pengguna komputer Windows menyimpan dokumen mereka di folder My Documents. Ini membantu Anda dengan mudah membuat cadangan semua dokumen penting Anda. Buat salinan mingguan atau bulanan ke CD atau drive USB.

Jika Anda menggunakan floppy disk atau drive USB di komputer umum seperti lab komputer sekolah, Kinko’s atau toko cetak foto digital, pastikan untuk memindai virus. Komputer publik terkenal karena tidak diperbarui dan dilindungi dengan benar.

Berhati-hatilah dengan lampiran email. Perlakukan lampiran email apa pun sebagai berbahaya. Jangan membuka lampiran dari orang yang tidak Anda harapkan. Hati-hati juga dengan link dari orang yang Anda kenal tapi jangan harap. Banyak virus komputer mereplikasi diri dengan membaca komunikasi dari komputer yang terinfeksi.

Gunakan email teks jika memungkinkan. Meskipun email HTML terlihat bagus dan menawarkan kontrol lebih besar atas pemformatan, email ini juga dapat membawa virus komputer. Jika Anda menggunakan email berbasis teks, satu-satunya cara untuk mendapatkan virus adalah dengan membuka lampiran.

Gunakan file atau perangkat lunak freeware dan shareware yang diunduh dengan hati-hati. Coba unduh dari sumber terkenal yang memindai program sebelum mengunggahnya. Agar aman, pindai program sebelum menginstalnya di komputer Anda.

Berhati-hatilah dengan tautan di IM atau pesan instan. Jangan terima panggilan dari orang yang tidak Anda kenal dan jangan klik tautan dari orang yang tidak Anda percayai, mereka dapat dengan mudah mengarahkan Anda ke situs web lain yang mencoba memasang virus di komputer Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.